PELUANG BETERNAK BEBEK

Bisnis budidaya bebek memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Apalagi jika budidaya dilakukan secara intensif dalam arti tidak hanya dilakukan sebagai kegiatan sambilan. Selain memiliki peluang bagus untuk dikembangkan karena permintaan yang makin tinggi dari masyarakat untuk konsumsi telur dan daging, peternakan itik membutuhkan pakan, khususnya sumber protein yang efisien.

bebek di Indonesia awalnya berasal dari Jawa. Sementara di Inggris dikenal dengan nama Indian Runner (Anas javanica). Berbagai jenis bebek lokal dikenal penamaannya berdasarkan tempat pengembangannya, wilayah asal dan sifat morfologis. Mungkin Anda pernah mendengar nama-nama bebek seperti bebek Alabio (dari Kalimantan Selatan), itik Tegal dan bebek Mojosari dan bebek Maros.

Umumnya usaha peternakan itik ditujukan untuk bebek petelur. Namun peluang bebek pedaging juga bisa diambil dari bebek jantan atau bebek betina yang sudah lewat masa produksinya. Selain itu bisa juga pebisnis mengambil bagian pembibitan ternak bebek sebagai fokus usaha.

Namun sebelum seorang peternak memulai usahanya, harus menyiapkan diri dengan pemahaman tentang perkandangan, bibit unggul, pakan ternak, pengelolaan dan dan pemasaran hasil. Misalnya bagaimana pemeliharaan anak bebek (5-8 minggu), pemeliharaan bebek Dara (umur 8-20 minggu ke atas) dan pemeliharaan bebek petelur (umur 20 minggu ke atas).

Masa produksi telur yang ideal adalah selama 1 tahun. Produksi telur rata-rata bebek lokal berkisar antara 200-300 butir per tahun dengan berat rata-rata 70 gram. Bahkan, bebek alabio memiliki produktivitas tinggi di atas 250 butir per tahun dengan masa produksi telur hingga 68 minggu.

Pengembangan dan pemeliharaan bebek potong agar tercapai efisiensi pemanfaatannya menurut D.L Satie (1991) seperti dikutip Majalah Poultry Indonesia Online, dapat menggunakan bebek yang telah lewat masa produksinya maupun bebek jantan. Hal ini dimaksudkan karena bebek jantan mempunyai beberapa keunggulan dan keuntungan kalau ditinjau dari segi ekonomisnya. Sementara untuk harga bibit, bebek jantan lebih murah jika dibandingkan bebek betina, karena msyarakat selama ini hanya mengenal dan memetik keuntungan dari bebek betina sebagai petelur.

Masih menurut Satie, pemeliharaannya tidak membutuhkan waktu yang lama, dimana hasil sudah bisa dipetik dalam waktu 2-3 bulan. Hal tersebut disebabkan karena pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya relatif lebih baik daripada bebek betina. Berat badan sampai saat dipotong tidak kurang dari 1,5 kg. Dengan memanfaatkan bebek jantan, dalam waktu yang relatif singkat sudah dapat dicapai berat yang lebih dibutuhkan. Pemotongan pada umur yang relatif muda, menghasilkan daging yang lebih empuk, lebih gurih dan nilai gizinya lebih tinggi.

23 Tanggapan

  1. ayh saya baru saja mencoba beternak bebek. sekitar 200 ekor. tapi kog baru 5 hari yang mati udah 20 an. gimana ya???

  2. Yg mati 20 krn di sembelih…. ya iyalahh masak ya iya dong.

    Apalagi motongnya sambil nyanyi “potong bebek Angsa” … alamat smua bebek dlm satu hr langsung amblas semuanya….

  3. Terima kasih infonya…4alam kenal mas

  4. jangan disesalkan itu sudah takdir bagi bebek bebek itu sampai pada ajalnya

  5. hahaha……. mati smua z bos….
    mungkin cara bpk beternak kurng tepat tu….
    eh z kenalin saya mahasiswa 21 th pengen usaha bebek juga, ajarin dung cra beternak yang baik biar bebek’y gak kuntet gmn z pak….

  6. Slam kenal…

    Mungkin sistem perkandangan yg salah ato manajemen pemberian pakan yang salah

    Numpang Iklan ya…

    Sedia DOD (anak bebek) jenis mojosari dan magelang..
    kunjungi http://gudegbebek.blogspot.com/

  7. ya mati dong…abis ga di kasi makan.

  8. aku juga baru mencoba berternak bebek, tapi beru sedikit, aku pengen mengembangkannya. semoga nanti berhasil. makasih atas infonya…

  9. salam..
    saat ini saya menjual CD cara beternak bebek yang benar, hanya dengan harga 50 ribu/CD (blm ongkos kirim). jika ada
    yang berminat silahkan hub.saya di 081911857815 atau email
    rozi679@gmail.com. download katalog CDnya di
    http://tinyurl.com/cdbudidaya2

    terima kasih

  10. salam kenal. mohon rhn bagai mana cara beternak bebek yang baik. saya sudah memiliki bebek 20 ekor siap untuk betelur.

  11. pengen ternak ..kalo ..kandang dibuat panggung gimana ya,,,

  12. Salam ITIK,

    Bagi rekan yang akan menerjuni bisnis Itik/Bebek/TIKTOK/Serati kami dapat membantu :
    1. Penyedian bibit DOD
    2. Penyedian karkas
    3. pemberian traning
    4. Bisnis plan

    Untuk informasi dapat menghubungi:ALBARSAH, 021 92557595, 0813 1814 7715, E-mail; al_barsyah@yahoo.com, kami tungu.

    Salam Itik,

    ALBARSAH

  13. salam kenal… bagi teman-teman yg butuh DOD bebek jenis kalung/merah, hubungi kami. thank’s…

  14. saya pingin bertenak bebek saya butuh dod yg jantan aja dan saya ada di purwokerto dan ini no hp saya 081548265758

  15. saya punya bebek unggul.bebek peking.tempat tinggal blora.3bulan panen daging.6bulan telur.terbukti.cara budidaya dan penetasan telur diajarkan.jadikan tempat anda sentra bebek unggulan.hp 081384779987

  16. sy pengen bget memulai usaha peternakan bebek.. tapi saya tdk tahu cara memilih bibit yg baik.. klo teman2 ada yg tahu tolong bagi2 ilmu nya dunk. Tq

  17. saya udah usaha slama 2 bulan.
    tapi, kenapa pertumbuhan bebek tidak bisa sama?
    apa karena mnajemen pakan yang salah?
    mohon bantuan nya ke email saya
    ardian_cahya89@yahoo.co.id
    trima kasih

  18. saya baru memulai usaha peternak bebek…? baru saya coba ….? kurang lebih ada 40 ekor…? pakan yang paling bagus untuk bebek pa ya..?

  19. say tertarik dan berminat untuk beternak bebek potong. tapi yang jadi kendala selama ini adalah keman harus beli benih dan kemana jaringan pasar, hal itu bagi saya masih tandatanya. tolong kalo bisa mail infonya. terima kasih banyak.

  20. bagi rekan peternak:

    Kami dari bebek jaya jogjakarta membuka kemitraan peternakan bebek hibrida
    Dg ketentuan
    1. DoD Dari kami pembayaran 75% di awal 25% saat panen
    … 2. panen kita ambil dg harga 17rb/kg
    3:di utamakan peternak di daerah jogja,solo,magelang,semarang,sragen dan sekitarnya

    Bagi teman peternak yang berminat
    Bisa menghubungi bagian manager di nomor
    085227108881

  21. Maksudnya bagi hasil ya pak?

  22. Udah nyanyi aja, “Potong bebek angsa, masak dikuali… nenen sambil dansa.. dansa empat kali..

  23. Ayo nyanyi sama sama…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: